detikhealth

Konsultasi Gizi

Makan Mi Instan dengan Nasi, Telur dan Sosis, Sudahkah Nutrisinya Tercukupi?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Rabu, 21/06/2017 16:50 WIB
Makan Mi Instan dengan Nasi, Telur dan Sosis, Sudahkah Nutrisinya Tercukupi?Mi instan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi rutin sehari-hari (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Mbak, saya selalu favorit makan mi pakai tambahan nasi, telur dan sosis. Setiap orang yang melihat makanan saya terkaget-kaget tapi saya merasa biasa saja Mbak. Saya juga tidak mengalami keluhan-keluhan. Hanya saja saya khawatir mengenai gizi yang saya konsumsi apakah sudah cukup atau bagaiamana ya Mbak? Terimakasih.

Mafazah (Laki-laki, 29 tahun)

Jawaban

Hai Pak Mafazah,

Mi instan dan sosis merupakan makanan instan yang tinggi garam, rendah nutrisi dan tinggi karbohidrat. Sehingga jika ditambah lagi dengan nasi, maka kemungkinan besar porsi makan Anda saat itu akan sangat tinggi karbohidrat dan kalori, tanpa serat, sayur, vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.

Tentu saja kebutuhan vitamin dan mineral dapat diasup di kesempatan makan berikutnya. Jangan lupa bahwa kebutuhan sayur dan buah harian orang dewasa adalah 7 porsi/hari.

Leona Victoria Djajadi MND
Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) dari University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets. Pengasuh Klinik Gizi Keluarga http://www.klinikgizi.info/. Follow twitter @Leona_victoria.(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit