detikhealth

Sinyal Tubuh 'Minta' Istirahat yang Perlu Dipahami Pemudik

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Senin, 19/06/2017 20:12 WIB
Sinyal Tubuh Minta Istirahat yang Perlu Dipahami PemudikSuasana Tol Cileunyi mulai dibanjiri pemudik (Foto: Pool/Wisma Putra)
Jakarta, Saat melakukan perjalanan panjang, pemudik harus memahami tanda-tanda bahwa tubuh sudah kelelahan dan butuh istirahat. Sebab jika perjalanan tetap dilanjutkan, kecelakaan bisa jadi risikonya.

Salah satu tanda tubuh sudah lelah yang perlu diperhatikan yakni frekuensi menguap meningkat. Menurut pakar kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran, dr Andreas Prasadja, RPSGT menguap adalah tanda yang sangat umum dari mengantuk.

Nah, jika sudah mengantuk, maka itu tandanya bahwa orang tersebut sudah mulai lelah dan butuh istirahat saat itu. Jika dipaksakan terus mengemudi, maka bisa berbahaya.

Baca juga: Dokter Tak Sarankan Anak Diajak Mudik Pakai Motor

Kelelahan saat mudik bisa memicu kecelakaanKelelahan saat mudik bisa memicu kecelakaan (Foto: Agung Pambudhy)


Apalagi jika menguap yang terjadi sudah dibarengi dengan keluarnya air mata, bahkan sampai pengemudi mengusap-usap mata. Bukan karena sakit mata, namun kondisi ini bisa terjadi akibat tingkat mengantuknya yang sudah semakin bertambah.

Tanda berikutnya yakni ingin terus-terusan menyandarkan kepala. Menurut dokter yang akrab disapa dr Ade tersebut, dr Ade mengungkapkan bahwa pada tahap ini tingkat kewaspadaannya sudah menurun dibandingkan dengan sebelumnya.

"Tanda terakhir yang saya rasa sudah paling mengantuk adalah melamun bahkan saat berkendara. Ia tetap mengendarai kendaraannya namun tiba-tiba seperti terkaget dan tidak menyadari bahwa kira-kira 10 menit yang lalu ia telah melewati jalan tertentu," ungkap dr Ade.

Menurutnya, melamun saat berkendara menandakan bahwa sebagian otaknya bahkan sudah tertidur karena lelah. Jika sudah sampai seperti ini, sebaiknya berikan kesempatan bagi pengemudi untuk tidur dan istirahat.

Baca juga: Ibu Hamil Mudik dengan Angkutan Umum? Pastikan Tidak Berdiri dan Tidak Jajan

(ajg/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit