detikhealth

Hendak Mudik Naik Motor? Ini Risikonya Bagi Kesehatan

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Senin, 19/06/2017 17:32 WIB
Hendak Mudik Naik Motor? Ini Risikonya Bagi KesehatanMudik dengan kendaraan roda dua tidak dianjurkan karena terlalu berisiko (Foto: Wisma Putra)
Jakarta, Beberapa waktu lalu masyarakat diimbau untuk tidak mudik dengan menggunakan kendaraan roda dua alias sepeda motor. Selain faktor keamanan, mudik dengan motor juga berbahaya bagi kesehatan.

Salah satunya adalah masalah nyeri punggung. Duduk berjam-jam bisa menyebabkan rasa sakit pada punggung, terutama jika dilakukan di motor. Sebab posisi duduknya bisa dibilang tidak rileks dan pengendara tidak bisa sesekali bersandar.

Selain nyeri di punggung, duduk berjam-jam dengan naik motor juga dapat menimbulkan nyeri dan pegal pada leher. Keluhan ini umumnya disebabkan oleh peradangan pada sendi tulang belakang.

Baca juga: Ini Faktor Banyaknya Angka Kematian Saat Mudik

Yang tak kalah penting, paparan polusi dari asap kendaraan bermotor lainnya yang juga lebih banyak dihirup oleh pengendara sepeda motor. Dalam jangka panjang, paparan polusi udara ini bisa mengganggu sistem pernapasan dan memicu sakit kepala.

Kalaupun ingin bawa motor, dianjurkan motornya dikirim sajaKalaupun ingin bawa motor, dianjurkan motornya dikirim saja (Foto: Agung Pambudhy)


Dikutip dari situs resmi United States Environmental Protection Agency (EPA), selain masalah pernapasan, paparan terlalu banyak dari asap kendaraan bermotor juga bisa dapat memicu datangnya batuk dan tenggorokan terasa gatal.

Bermotor selama berjam-jam dapat menyebabkan kelelahan, menurunkan konsentrasi dan kewaspadaan. Kondisi ini dapat membuat pemudik dengan motor sering mengalami gangguan kesehatan dan kecelakaan.

Baca juga: Berangkat Mudik Malam Hari, Siapkan Ini Agar Anak Tetap Nyaman

(ajg/mrs)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit