detikhealth

Viral, Cerita Suami Beli Motor dari Uang Hasil Berhenti Merokok

Firdaus Anwar - detikHealth
Senin, 19/06/2017 15:35 WIB
Viral, Cerita Suami Beli Motor dari Uang Hasil Berhenti MerokokSang suami berhasil mengumpulkan cukup uang untuk membeli motor setelah berhenti merokok.Foto: Facebook/Dita Sari Wootekh
Jakarta, Ketika seseorang bertekad stop merokok, uang yang biasanya dihabiskan untuk membeli produk tembakau tersebut bisa dialihkan ke hal lain. Seperti yang dilakukan oleh seorang suami yang ceritanya kini viral di media sosial.

Dikisahkan oleh akun Facebook Dita Sari Wootekh, suaminya sudah mulai berusaha berhenti merokok sejak November 2015 lalu. Ketika itu Dita sendiri mengaku tak yakin suami akan berhasil namun tetap berusaha dengan memberikan dukungan.

Baca juga: Keren! Satu RT Berhenti Merokok di Desa Bukit Gajah Riau

"Semua dimulai dengan niat diri sendiri tanpa ada larangan dan tuntutan dari pihak siapapun. Suami berhenti merokok memulai hidup sehat. Saat itu rasanya enggak percaya dan enggak yakin dia bisa," kata Dita dikutip dari halaman Facebook-nya, Senin (19/6/2017).

Sang suami ternyata memiliki komitmen tinggi. Ia mengubah sebuah akuarium bekas yang ada di rumah menjadi celengan tempat di mana setiap hari uang rokoknya ditabungkan.

"Ditulis power of 20 ribu, yang dimasukkan hanya uang 20 ribu tidak ada yang lain. Selain 20 ribu enggak boleh masuk!!! Sehari dimasukkan 20 ribu uang rokok," kata Dita.

Akhirnya setelah sekitar satu setengah tahun sejak mulai menabung, celengan akuarium tersebut dibongkar. Jumlahnya tidak disebutkan namun dari hasil tabungan keluarga Dita bisa membeli satu unit sepeda motor.

Uang rokok 20 ribu dikumpulkan setiap hari oleh sang suami.Uang rokok 20 ribu dikumpulkan setiap hari oleh sang suami. Foto: Foto: Facebook/Dita Sari Wootekh


Dita mengatakan kisah dirinya bersama suami diharap bisa menjadi inspirasi orang lain. Pengguna internet pun sebagian besar menanggapinya dengan positif dan hingga berita ini diturunkan cerita Dita di Facebook sudah dibagikan 70 ribu kali.

"Boleh dicoba cara kami, tidak juga tidak apa-apa. Semua itu prinsip ya sesuai kepercayaan masing-masing," pungkas Dita.

Menurut data yang dilansir oleh Badan Pusat Statistik (BPS) 2014, pengeluaran rumah tangga masyarakat Indonesia memang sebagian besar dihabiskan untuk konsumsi makanan dan rokok. Untuk belanja beras masyarakat misalnya bisa menghabiskan Rp 54 ribu (12 persen) per bulan sementara rokok Rp 50 ribu (11 persen) per bulan.

Baca juga: Pendekatan Terbaik Stop Merokok: Berhenti Total Tiba-tiba(fds/ajg)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit