detikhealth

Konsultasi Psikologi Seks dan Perkawinan
Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi

Psikolog Perkawinan dan Keluarga di Klinik Rumah Hati
Twitter: @wulanayur dan @twitpranikah
http://pranikah.org/

Tentang Suami yang Ingin Istrinya Senyum Setiap Hari

Suherni Sulaeman - detikHealth
Senin, 19/06/2017 15:15 WIB
Tentang Suami yang Ingin Istrinya Senyum Setiap HariIlustrasi pasangan suami istri/Foto: thinkstock
Jakarta, Mbak, gimana sih cara bikin istri senyum setiap hari. Tiap hari ada saja yang bikin dia cemberut, entah masalah dengan saya atau masalah di luar. Sudah saya hibur dengan berbagai cara, nyatanya kurang berhasil tuh. Saya jadi capek sendiri. Minta solusinya ya Mbak, terimakasih.

M (Laki-laki, 34 tahun)

Jawaban

Dear Mas M,

Baik sekali Anda memiliki keinginan untuk membuat istri tersenyum. Lebih baik lagi ketika Anda juga sudah bisa memilah-milah, mana kekesalan istri yang disebabkan oleh Anda atau hal lainnya. Dengan mengenali ini, Anda juga bisa memperbaiki diri tentunya.

Berusaha menghibur pasangan, tapi yang dihibur tidak merasa terhibur memang lama-lama bisa membuat frustrasi dan kesal memang. Hanya saja saya belum mendapatkan gambaran bagaimana cara Anda menghibur di saat istri sedang memiliki permasalahan. Tidak jarang, adanya perbedaan persepsi dalam menghadapi permasalahan juga dapat membuat niat baik untuk menghibur, menjadi kontraproduktif.

Misalnya, ketika istri sedang ada masalah atau kesal, ia sebenarnya lebih ingin ditanya dan didengarkan. Sedangkan suami merasa ada masalah-masalah yang tidak perlu terlalu dipikirkan dan perlu dibawa santai dan akhirnya direspons dengan cara becanda, gurauan, dsb. Akhirnya, ketika masalah direspons dengan gurauan, dsb, istri dapat memiliki persepsi bahwa masalahnya tidak dianggap serius dan membuatnya semakin kesal.

Membuat pasangan untuk tersenyum tentu saja baik sekali, hanya tetap ajak pasangan untuk berdiskusi ya. Cari tahu respons seperti apa yang diharapkan dari Anda ketika ia menghadapi masalah. Sampaikan juga persepsi Anda dan apa yang Anda harapkan dari pasangan dengan menggunakan 'I Message'. Misalnya, 'papa tuh ngerasa bingung mesti berespons seperti apa ketika mama cemberut', bukan 'papa nggak ngerti maunya mama apa, dihibur tetap aja cemberut, jadi serba salah'.

Selamat saling mencari cara untuk bisa membuat tersenyum satu sama lain ya.

Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi
Psikolog Perkawinan dan Keluarga di Klinik Rumah Hati
Jl. Muhasyim VII no. 41, Cilandak, Jakarta Selatan
Twitter: @wulanayur dan @twitpranikah
http://pranikah.org/(hrn/ajg)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit