detikhealth

Minggu Ke-3 Puasa, Ini Tipsnya Agar Tubuh Tetap Bugar

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Jumat, 16/06/2017 02:17 WIB
Minggu Ke-3 Puasa, Ini Tipsnya Agar Tubuh Tetap BugarPuasa yang benar seharusnya tidak bikin ngantuk (Foto: iStock)
Jakarta, Memasuki minggu ke-3 puasa, tubuh sudah mulai beradaptasi dengan kekosongan perut di siang hari. Meski begitu, kebugaran bisa menurun drastis karena menurunnya tingkat aktivitas di siang hari.

Padahal tubuh yang fit dan bugar sangat diperlukan, terutama menjelang hari raya Idul Fitri. Nah, detikHealth pun merangkum tiga tips yang bisa dilakukan agar tubuh tetap bugar hingga lebaran.

Baca juga: 4 Penyebab Gagal Diet di Bulan Puasa

1. Kontrol asupan manis

Mengonsumsi makanan atau minuman manis memang baik dilakukan pada saat buka puasa, agar dapat segera memulihkan energi setelah seharian berpuasa.

Namun masih banyak yang keliru mengartikan maksud dari kalimat 'berbuka dengan yang manis'. Konsumsi gula dari teh manis, es buah hingga jus dan lainnya justru membuat kadar gula naik mendadak, dan berisiko membuat tubuh lemas.

Baca juga: Kenali Menu Berbuka! Manis Rasanya, Belum Tentu 'Manis' Efeknya

Akibatnya, ibadah tarawih pun bisa terlewatkan. Makanan manis juga membuat tubuh cepat merasa kenyang meskipun asupan nutrisi yang dimakan belum maksimal.

2. Jalan santai jelang berbuka

Tubuh mungkin akan terasa lemas saat puasa, namun bukan berarti Anda dibolehkan untuk bermalas-malasan. Melakukan aktivitas fisik tetap dianjurkan oleh ahli kesehatan agar tubuh dapat membakar energi yang diambil dari cadangan lemak tubuh.

Baca juga: Bingung Nunggu Azan Magrib dengan Apa? Yuk Coba Olahraga Memanah

Jalan santai merupakan pilihan aktivitas fisik yang cocok dilakukan saat menunggu buka puasa. Berjalan-jalan juga bisa meningkatkan sirkulasi darah ke otak dan membuat saluran pernapasan lebih longgar.

Dengan jalan kaki, kantuk dan rasa malas yang menempel pada tubuh Anda akan hilang. Cobalah berjalan-jalan selama beberapa menit dan rasakan manfaatnya.

3. Tidur siang

Jam tidur malam dipastikan akan berkurang saat bulan puasa karena sahur. Karena itu, cukupi kebutuhan tidur dengan tidur siang atau power nap.

Baca juga: 4 Penyebab Sakit Kepala Saat Puasa: Dehidrasi Hingga Kurang Tidur

Luangkan waktu 20-30 menit untuk melakukan power nap di siang hari. Meski singkat, tidur siang ini bisa membantu memulihkan kebugaran dan memulihkan energi Anda.

Jika memungkinkan, tidurlah di awal siang untuk mengumpulkan energi. Hindari sinar matahari dan panas yang menimbulkan dehidrasi.(mrs/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit