detikhealth

Konsultasi Seksologi

Artikel 18+

Setiap Hari Bercinta Tapi Istri Belum Juga Hamil, Apa Solusinya?

Kamis, 08/06/2017 18:15 WIB
Setiap Hari Bercinta Tapi Istri Belum Juga Hamil, Apa Solusinya?Foto: Thinkstock
Salam hormat Dok, saya baru menikah tiga bulan yang lalu namun istri saya tidak kunjung hamil. Saya bingung Dok, keluarga sudah banyak berharap menimang cucu sehingga saya stres sendiri. Padahal hampir setiap hari saya bercinta hingga terkadang istri saya yang lelah dan menolak.

Apa yang harus saya lakukan Dok? Apakah ada posisi tertentu yang bisa membuat istri saya hamil? Terimakasih Dok.

A (Laki-laki, 25 tahun)

Jawaban

Terjadinya kehamilan saat hubungan intim, yaitu bila ML dilakukan saat istri dalam periode-subur. Bila haid istri hari pertama bulan lalu tanggal 3, maka masa subur hari pertama: 3+12= 15. Maka periode subur tanggal 15, 16, 17, 18, 19, 20.

Patut diketahui terjadinya janin saat masa subur dipengaruhi oleh kualitas sel jantan (spermatozoa) dan sel betina (ovum) istri.
Bila hubungan intim secara rutin dilakukan dan sampai 6 bulan belum menimbulkan kehamilan, disarankan agar segera berkonsultasi di klinik fertilitas. Yang akan memeriksa kualitas sperma Anda dan ovum istri.

Terapi dilakukan melalui pemberian obat, inseminasi buatan sampai dengan kehamilan melalui bayi tabung. Tidak ada posisi hubungan seksual tertentu yang berperan dalam proses terjadinya kehamilan.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit