detikhealth

Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Artikel 18+

Bagaimana Mengembalikan Gairah Seks yang Redup Termakan Usia?

Senin, 05/06/2017 18:20 WIB
Bagaimana Mengembalikan Gairah Seks yang Redup Termakan Usia?Foto: ilustrasi/thinkstock
Selamat malam, saya sering membaca bahwa seks dapat membuat seseorang panjang umur. Tapi, di usia saya yang menuju setengah abad ini saya sudah jarang melakukan hubungan seks dengan istri saya. Rasanya seperti nggak ada gairah Dok. Bagaimana ya Dok?

Padahal saya ingin mendapatkan manfaat dari seks itu. Apakah ada solusi untuk meningkatkan gairah seks saya kembali?

N (Laki-laki, 47 tahun)

Jawaban

Dari penelitian medis memang hubungan seksual punya kontribusi untuk memperlambat proses penuaan (the aging process). Jelasnya, saat orgasme keluar hormon endorphin dalam darah yang berkhasiat meningkatkan imunitas (daya tahan) tubuh terhadap serangan penyakit dan membuat relaksasi tubuh. Kedua faktor ini berperan memperpanjang life expectancy (umur harapan hidup).

Kendatipun usia Anda memasuki 50 tahun, yang disebut usi kronologis, upayakanlah agar usia biologis Anda: 40 tahun. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan exercise fisik yang low impact secara reguler, misalnya jalan-pagi, renang, bersepeda, 4-5x perminggu dengan durasi 30-45 menit.

Didukung pula oleh asupan gizi seimbang, cukup tidur, dan lakukanlah bersama nyonya menikmati film, foto yang bisa memicu fantasi seksual.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit