detikhealth

Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Artikel 18+

Mengapa Gairah Seks Istri Malah Meningkat Usai Melahirkan?

Selasa, 30/05/2017 18:16 WIB
Mengapa Gairah Seks Istri Malah Meningkat Usai Melahirkan?Foto: ilustrasi/thinkstock
Selamat malam Dok, saya memiliki istri dan satu anak berusia 1 tahun. Biasanya istri yang sudah punya anak, gairahnya berkurang, tapi beda dengan istri saya Dok, justru gairahnya meningkat, sampai saya tidak bisa mengimbangi. Saya heran, apa ini normal Dok? Terimakasih.

I (Laki-laki, 36 tahun)

Jawaban

Anda patut bangga memiliki istri, yang kendatipun sudah punya anak usia 1 tahun, masih tinggi libidonya (hasrat birahinya).
Hal ini menunjukkan kebugaran seksual istri Anda amat prima. Kebugaran seksual ditentukan oleh kesehatan jasmani dan mental. Artinya, relatif fisik isteri Anda tidak mengidap penyakit.

Dari segi mental, ia tenang, bahagia dengan dikaruniai seorang anak. Faktor ini turut mendukung kebugaran fisik dan mental istri Anda, yang embuat hormon-hormon perempuan, estrogen, progesteron, oxytocin dalam kadar yang optimal, hingga memicu gairah birahinya.

Selanjutnya, Anda yang harus mengimbanginya, dengan membina kebugaran jasmani dan mental Anda. Usia Anda, 36 tahun, relatif muda. Maka, lakukanlah exercise fisik secara reguler, 4-5 kali perminggu dengan durasi 45 menit: renang, jogging, bersepeda, hiking dsb. Didukung pula oleh asupan gizi seimbang dan cukup tidur. Selamat menikmati kebahagiaan ML bersama istri.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit