detikhealth

Konsultasi Psikologi Seks dan Perkawinan
Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi

Psikolog Perkawinan dan Keluarga di Klinik Rumah Hati
Twitter: @wulanayur dan @twitpranikah
http://pranikah.org/

Gampang Suka dengan Banyak Wanita, Normal atau Mesum?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Senin, 29/05/2017 15:17 WIB
Gampang Suka dengan Banyak Wanita, Normal atau Mesum?Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Saya seorang laki-laki normal yang suka dengan wanita. Namun masalahnya, sampai usia 29 tahun saya belum berani menjalin hubungan serius dengan wanita lantaran saya masih gampang suka dengan banyak wanita.

Ketika menggilai wanita A, hampir setiap hari saya memikirkannya bahkan berfantasi seks dengannya. Setelah bosan dan hilang dari pikiran saya. Datanglah wanita B, terjadi hal yang sama, selalu dipikirkan dan dibayangkan. Sebenarnya saya ini normalkah? Atau mesum? Mohon pencerahannya ya Mbak. Terimakasih.

A (Laki-laki, 29 tahun)

Jawaban

Dear Mas A,

Memiliki fantasi seseorang sebenarnya merupakan hal yang normal. Hal tersebut bisa menjadi tidak normal ketika fantasi ini sudah mulai mengganggu hidup Anda. Misalnya, ketika memikirkan, Anda jadi tidak bisa memikirkan hal lain selain perempuan tersebut, yang berakibat Anda jadi tidak bisa beraktivitas atau bekerja.

Berfantasi tentang hubungan tanpa mengimbanginya dengan hubungan yang nyata bisa memiliki beberapa konsekuensi. Misalnya, terlalu sering berfantasi seksual bisa jadi sama berbahayanya dengan orang yang kecanduan konten dewasa terbiasa dengan fantasi membuat seseorang terkadang memiliki harapan tertentu terhadap pasangannya, menjadikan fantasi sebagai dasar bisa/tidaknya variasi posisi dilakukan misalnya. Tidak terpenuhinya harapan seks bisa menjadi masalah tersendiri dalam hubungan, padahal dalam menjalin relasi, seks hanya salah satu aspek. Masih ada hal lainnya seperti kepercayaan, komitmen, kedekatan, dsb.

Pada kasus Anda, mudahnya Anda untuk suka dengan perempuan lain bisa saja terjadi karena memang 'hubungan' yang ada hanya terbatas pada fantasi seksual, dan tidak adanya kedekatan secara emosional. Namun, untuk mengetahui lebih jelas normal atau tidaknya, masih membutuhkan banyak informasi lain tentunya.

Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi
Psikolog Perkawinan dan Keluarga di Klinik Rumah Hati
Jl. Muhasyim VII no. 41, Cilandak, Jakarta Selatan
Twitter: @wulanayur dan @twitpranikah
http://pranikah.org/(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit