detikhealth

Konsultasi Tulang

Lutut Sakit Saat Ditekuk dan Kaku Jika Diluruskan

Suherni Sulaeman - detikHealth
Kamis, 11/05/2017 13:07 WIB
Lutut Sakit Saat Ditekuk dan Kaku Jika DiluruskanFoto: thinkstock
Jakarta, Dok, tiga minggu yang lalu saya kecelakaan dan lutut sampai kaki awalnya memar dan bengkak. Ini sudah nggak bengkak hanya warna biru kehitam-hitaman saja bagian betis bagan bawah. Saat dipakai duduk seperti sinden rasanya nyeri.

Dua hari yang lalu sudah baikan tapi sekarang agak nyeri, atau karena saya naik turun tangga ya Dok? Sehingga rasa nyeri itu bertambah? Terimakasih.

Wija (Perempuan, 24 tahun)

Jawaban

Halo Wija,

Apabila sampai terjadi memar dan bengkak, apalagi sampai biru kehitam-hitaman, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui seberapa parah cedera Anda. Banyak kemungkinan yang berkaitan antara lain patah atau retak tulang, cedera ligament, atau hanya memar saja.

Diagnosis yang tepat akan membawa Anda pada penanganan yang tepat, termasuk kapan boleh dipakai menginjak. Pada umumnya, naik turun tangga akan menambah nyeri, apapun diagnosisnya, karena ketika naik turun tangga beban yang diterima lutut akan lebih besar berlipat ganda.

Penanganan yang salah, seperti misalnya diurut, dibebat terlau kencang atau diolesi ramuan-ramuan tradisional tertentu dapat membuat cedera semakin parah.

dr Andri Primadhi, SpOT
Staf Divisi Foot and Ankle
Departemen Orthopaedi dan Traumatologi
FK Universitas Padjadjaran / RS Hasan Sadikin
Jl. Pasteur 38, Bandung 40161(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit