detikhealth

Konsultasi Kedokteran Olahraga
dr. Michael Triangto, SpKO

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga
Direktur Klinik Slim and Health di RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek Jakarta
Koordinator Kedokteran Olahraga di PB Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI)
Anggota Tim Ahli Persatuan Golf Indonesia (PGI)

Olahraga untuk Persiapan Naik Gunung

Suherni Sulaeman - detikHealth
Jumat, 28/04/2017 14:18 WIB
Olahraga untuk Persiapan Naik GunungFoto: (Afif/detikTravel)
Jakarta, Halo Dok, rencananya saya mau naik gunung pada akhir April mendatang, tapi saya teringat pengalaman saya di mana saya sebelumnya naik gunung dan tidak menjalani pemanasan terlebih dahulu sehingga saya tidak mencapai puncak seperti yang lain.

Lantas, persiapan seperti olahraga apa yang mesti saya lakukan? Berapa kali dalam seminggu dan intensitas waktunya berapa lama ya Dok agar saya kuat bisa mencapai puncak gunung. Terimakasih Dok.

Bhinendra (Laki-laki, 21 tahun)

Jawaban

Mas Bhinendra yang akan mendaki gunung,

Kewajiban sebelum mendaki gunung adalah mempersiapkan fisik dan mental dalam jangka waktu yang cukup. Artinya persiapan tidak boleh 'asal' yang tidak hanya akan menyusahkan diri Anda namun juga akan merepotkan banyak orang.

Persiapan itu adalah jalan cepat di atas treadmill disertai pendakian untuk simulasi menghadapi medan menanjak sambil membawa beban tas punggung akan sangat membantu dalam melatih kemampuan aerobik sebanyak 3 sampai 5 kali seminggu.

Latihan lainnya adalah melatih kekuatan otot dengan menggunakan berat badan sendiri yang merupakan latihan anaerobik di mana akan sangat berguna dalam menghadapi medan curam yang berat sebanyak 2 sampai 3 kali seminggu.

Bila Anda bertanya berapa lama latihan tersebut akan dapat memberikan hasil tentunya hal tersebut sangat bergantung pada seberapa siap kondisi fisik Anda saat ini dan juga berapa tinggi gunung yang akan didaki.

Sebaiknya buat persiapan minimal 6 bulan sebelumnya dan tinggi gunung dimulai dengan yang tidak terlalu tinggi lalu secara bertahap ditingkatkankan sesuai dengan kemampuan Anda.

dr. Michael Triangto, SpKO
Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga
Direktur Klinik Slim and Health di RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek Jakarta
Koordinator Kedokteran Olahraga di PB Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI)
Anggota Tim Ahli Persatuan Golf Indonesia (PGI)(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit