detikhealth

Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Artikel 18+

Siklus Haid yang Tak Teratur Setelah Menikah

Kamis, 27/04/2017 18:16 WIB
Siklus Haid yang Tak Teratur Setelah MenikahFoto: Thinkstock
Hai Dok, sebelumnya saya menikah pada tanggal 11-Desember-2016, PMS (premenstrual syndrome) saya normal pada bulan Desember, yaitu tanggal 25. Untuk bulan Januari telat dua hari, yaitu tanggal 27 dan pada bulan Februari ini saya baru flek saja di tanggal 2 Maret.


Flek tersebut tidak banyak, hanya 1/2 garis, tidak berbau. Hal tersebut berlangsung pada tanggl 2-6 Maret dan pada setiap paginya ketika mandi buang air kecil keluar lendir hitam sedikit dan tidak berbau. Saya sudah tanyakan ke dokter umum dan itu masih wajar. Saya juga sudah testpack dua kali dan hasilnya negatif.

Apabila sampai akhir Maret belum menstruasi apakah wajar? Yang saya rasakan pada tubuh saya cepat lelah sehingga malas beraktivitas lebih, tidak terlalu nafsu makan. Terimakasih.

H (Perempuan, 22 tahun)

Jawaban

Dari uraian Anda, agaknya Anda mengalami gangguan keseimbangan hormon, yang bisa sebabkan oleh berbagai gangguan organ reproduksi Anda.

Bila hasil testpack negatif, coba lakukan papsmear di klinik kebidanan. Selanjutnya, dianjurkan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan untuk mengetahui penyebab gangguan hormonal, hingga diberikan pengobatan yang tepat.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit