detikhealth

Konsultasi Laktasi
dr. Asti Praborini, SpA, IBCLC

Dokter Laktasi dan Ibu Menyusui di RS Permata Depok
Ketua Tim Laktasi RS Permata Depok
Koordinator Pelatihan Manajemen Laktasi Perinasia Pusat

Muncul Kontraksi ketika Menyusui di Saat Hamil, Amankah?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Jumat, 21/04/2017 15:22 WIB
Muncul Kontraksi ketika Menyusui di Saat Hamil, Amankah?Foto: thinkstock
Jakarta, Salam, Bu Dokter. Saya seorang ibu dengan satu orang anak yang berusia sebelas bulan dan sekarang lagi hamil anak kedua, usia kehamilan sekitar enam bulan. Saya sekarang sedang dilema karena sedang tandem nursing, menyusui dalam kondisi hamil. Saya disarankan menyapih anak pertama saya tapi saya tidak tega Bu, inginnya diberi ASI (air susu ibu) selama dua tahun.

Ketika menyusui, terkadang ada kontraksi tapi tidak terlalu sakit, saya khawatir sama anak saya yang sedang saya kandung. Mohon pencerahannya Bu supaya ASI lancar tapi tidak berpengaruh pada kehamilan saya. Terimakasih.

Wanha (Perempuan, 28 tahun)

Jawaban

Selamat pagi Ibu Wanha, terimakasih atas pertanyaannya. Menyusui sampai 2 tahun memang yang terbaik untuk anak dan ibu, akan tetapi dalam kondisi ibu sedang hamil, Ibu juga perlu memikirkan kondisi kehamilan Ibu.

Untuk dapat menyusui pada saat hamil, sebaiknya Ibu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang pro-ASI. Jika kondisi kehamilan ibu baik, tidak ada kontraksi atau flek, dan janin dinyatakan sehat oleh dokter kebidanan yang bersangkutan, maka kemungkinan Ibu tetap bisa menyusui selama hamil. Akan tetapi jika Ibu sering mengalami kontraksi berulang, atau muncul flek, atau kondisi janin menjadi terancam, mungkin lebih baik jika Ibu menyapih anak ibu.

Jika anak ibu akan disapih, yang perlu ibu perhatikan adalah pemberian makanan untuk anak. Anak harus mendapatkan asupan makanan dengan gizi seimbang dan dalam jumlah yang mencukupi kebutuhan energinya. Anak perlu mendapatkan menu makanan bergizi seimbang 4 bintang, meliputi karbohidrat, protein hewani dan nabati, sayur dan buah, sumber lemak, dan air dalam jumlah yang cukup.

Saat ini anak Ibu sudah menetek selama 11 bulan sebenarnya termasuk jangka waktu yang cukup lama. Jika nanti adiknya sudah lahir dan disusui, si kakak boleh menetek lagi sampai usia 2 tahun (tandem nursing). Akan tetapi, dalam tandem nursing yang harus didahulukan adalah si adik. Si kakak boleh menetek, tetapi tetap sumber energi utamanya adalah makanan pendamping ASI (MPASI) sehingga pemberian MPASI si kakak juga harus baik agar kebutuhannya dapat terpenuhi.

dr. Asti Praborini, SpA, IBCLC
Dokter Laktasi dan Ibu Menyusui di RS Permata Depok
Ketua Tim Laktasi RS Permata Depok
Koordinator Pelatihan Manajemen Laktasi Perinasia Pusat
www.rspermatadepok.com(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit