detikhealth
Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Artikel 18+

Adakah Dampak Lampiaskan Hasrat Seksual dengan Masturbasi?

Selasa, 18/04/2017 18:19 WIB
Adakah Dampak Lampiaskan Hasrat Seksual dengan Masturbasi?Foto: Thikstock
Dear Dokter, saya duda hampir 5 tahun dan belum menikah. Selama kesendirian, hasrat seks selalu muncul dan berakhir dengan onani karena saya tidak berani melakukan seks dengan wanita yang bukan istri saya.

Pertanyaannya apakah secara psikologis, kekuatan seks saya dapat berpengaruh semakin lemah saat menikah nanti dan apakah saya perlu terus terang kepada calon istri saya tentang hasrat onani saya sebelumnya? Mohon pencerahannya. Terimakasih Dokter.

A (Laki-laki, 50 tahun)

Jawaban

Saat menduda, tidak masalah Anda melakukan masturbasi. Dengan demikian hasrat seksual Anda tersalurkan, hingga bisa dicapai orgasme; saat itu keluar hormon endorphin dalam tubuh Anda yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan relaksasi pikiran.

Masturbasi tidak mengganggu kesehatan, bila dilakukan saat tubuh bugar, dalam kondisi bersih, hygienis dan nyaman. Juga frekuensinya jangan sampai mengganggu kegiatan rutin Anda sehari-hari.

Apakah perlu berterus terang pada istri bila kelak menikah lagi, tentang kebiasaan Anda bermasturbasi? Sebaiknya tidak usah, karena tidak semua orang punya persepsi yang sama tentang masturbasi. Daya seksual Anda akan tetap prima selama Anda mampu menjaga kesehatan fisik dan psikis Anda.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit