detikhealth

Konsultasi Laktasi
dr. Asti Praborini, SpA, IBCLC

Dokter Laktasi dan Ibu Menyusui di RS Permata Depok
Ketua Tim Laktasi RS Permata Depok
Koordinator Pelatihan Manajemen Laktasi Perinasia Pusat

Mengapa Usai Operasi Caesar ASI Hanya Keluar Sedikit?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Senin, 17/04/2017 11:45 WIB
Mengapa Usai Operasi Caesar ASI Hanya Keluar Sedikit?Foto: thinkstock
Jakarta, Dok, saya sudah memiliki tiga anak. Anak pertama lahir secara caesar, lalu anak kedua lahir secara normal dan yang terakhir ini lahir secara caesar kembali Dok.

Tapi, pada setiap kelahiran yang caesar, ASI (Air Susu Ibu) saya yang keluar hanya sedikit. Apakah ada kaitannya dengan proses melahirkan saya Dok? Lalu, cara membuat ASI saya banyak bagaimana Dok? Terimakasih.

Mia (Perempuan, 37 tahun)

Jawaban

Selamat siang Ibu Mia, terima kasih atas pertanyaannya. Ibu yang melahirkan melalui persalinan normal atau bedah caesar dapat menyusui bayinya sampai 2 tahun. Akan tetapi, manajemen menyusui di awal-awal bayi dilahirkan sangat menentukan keberhasilan menyusui ke depannya.

Seringkali ibu yang melahirkan melalui bedah caesar mengalami kesulitan di awal-awal menyusui bayi karena pergerakan yang terbatas sehingga ibu memerlukan bantuan saat memposisikan bayi di payudara. Jika manajemen menyusui di minggu-minggu pertama pasca-melahirkan sudah baik, bayi dapat menetek semau bayi (on demand), dan masalah-masalah menyusui dapat segera diatasi, maka insya Allah ibu dapat menyusui anak Ibu sampai 2 tahun.

Hal yang peru diperhatikan agar produksi ASI mencukupi kebutuhan bayi adalah hisapan bayi sendiri. Jika bayi dapat menghisap dengan baik dan dapat mengosongkan payudara dengan efektif, maka produksi ASI ibu akan banyak. Untuk penilaian proses menyusui, sebaiknya ibu datang ke poli laktasi bersama bayi dan anggota keluarga lainnya. Di poli laktasi nanti juga akan dilakukan pemeriksaan pada bayi apakah bayi mempunyai kesulitan tertentu dalam menetek.

dr. Asti Praborini, SpA, IBCLC
Dokter Laktasi dan Ibu Menyusui di RS Permata Depok
Ketua Tim Laktasi RS Permata Depok
Koordinator Pelatihan Manajemen Laktasi Perinasia Pusat
www.rspermatadepok.com(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit