detikhealth

Konsultasi Anak

Mengapa Bayi Menangis Saat Bangun Tidur dan di Malam Hari?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Sabtu, 08/04/2017 11:11 WIB
Mengapa Bayi Menangis Saat Bangun Tidur dan di Malam Hari?Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Selamat pagi Dok, saya mau tanya tapi bukan anak saya ini tentang keponakan saya. Saya punya keponakan pertama anak dari kakak saya, keponakan saya ini umurnya sekitar 2 tahun lebih.

Saya kasihan lihatnya soalnya suka langsung nangis waktu bangun tidur dan juga saat malam hari tapi kalau malam nangisnya mungkin karena minta susu, dia sudah tidak minum ASI, sudah minum susu balita saja.

Menurut dokter apa ya penyebabnya dia suka nangis setiap bangun tidur? Kebiasaan ini sudah dari dia kecil sampai sekarang tambah besar juga tidak hilang-hilang. Walaupun ada temannya pasti dia bangun langsung nangis. Terimakasih Dok semoga bisa ada jalan keluarnya.

Sharas (Perempuan, 22 tahun)

Jawaban

Salam kenal Mbak, ada banyak penyebab anak batita menangis. Selain lapar, bisa juga karena tidak nyaman (misalnya kepanasan, kedinginan, jauh dari ibu) serta mengantuk. Kalau saya baca cerita Mbak, sepertinya karena masih mengantuk ya.

Ini wajar saja kok, balita memang suka rewel sebelum dan sesudah bangun tidur karena mengantuk. Tak perlu terlalu khawatir ya.

dr. Meta Hanindita, SpA
Berpraktik di RSUD Dr Soetomo Surabaya, Jl Mayjend Prof Dr Moestopo No 6 - 8, Kota Surabaya, Jawa Timur

(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit