detikhealth
Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Artikel 18+

Nyeri pada Testis, Apakah Terkait dengan Masturbasi?

Senin, 03/04/2017 18:14 WIB
Nyeri pada Testis, Apakah Terkait dengan Masturbasi?Foto: Thinkstock
Dok, saya umur dua puluh tahun, memiliki kebiasaan sering masturbasi. Hampir setiap hari saya masturbasi dari saya umur lima belas tahun tahun. Namun dua tahun belakangan setelah masturbasi, testis sebelah kiri saya selalu nyeri, terkadang nyeri muncul walaupun saya tidak masturbasi, kenapa ya Dok? Apa ini gejala kanker testis?

P (Laki-laki, 21 tahun)

Jawaban

Dari penjelasan Anda rasa nyeri pada buah zakar (testis) kiri tidak ada kaitannya dengan kebiasaan masturbasi. Bahkan saat ini muncul saat Anda tidak masturbasi.

Besar kemungkinan terjadi inflamasi (peradangan) atau ada benjolan yang menekan persarafan buah zakar kiri. Disarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis urologi untuk memastikan penyebab dan solusinya.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit