detikhealth

Saat Memeluk Sapi Dijadikan Terapi Agar Seseorang Lebih Rileks

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Kamis, 30/03/2017 16:00 WIB
Saat Memeluk Sapi Dijadikan Terapi Agar Seseorang Lebih RileksFoto: Dok. Buure TV screengrab
Tenniken, Swiss, Bagi beberapa orang, memeluk hewan peliharaan seperti kucing atau anjing bisa saja menimbulkan rasa tenang, meski sesaat. Namun, bagaimana jika yang dipeluk adalah sapi dan sesi berpelukan dengan sapi ini dijadikan sebagai terapi?

Ya, itulah yang dilakukan wanita 25 tahun di Tenniken, Swiss bernama Sibylle Zwygart. Ide membuat terapi memeluk sapi ini muncul ketika ayah Sibylle tak bisa memanfaatkan ketiga sapinya untuk usaha yang dia jalankan. Akhirnya, Sibylle mengambil alih tiga sapi yang diberi nama Svea, Sven dan Svenja itu.

Pertama-tama, Sibylle membuka peternakan sapi yang bisa dikunjungi anak-anak. Di sana, anak-anak bisa belajar tentang sapi dan berinteraksi dengan hewan tersebut. Menurut Sibylle, ini ia lakukan karena saat ini banyak anak tidak tahu dari mana susu berasal dan dengan kegiatan ini, diharapkan anak bisa lebih dekat dengan bidang pertanian.

Baca juga: Ini Dia 4 Manfaat Sehat Berpelukan dengan Pasangan

"Anak-anak bisa datang dan memberi makan sapi dan mengajak sapi-sapi itu berjalan-jalan. Nah, kemudian, saya membuat sesi berpelukan dengan sapi sebagai bentuk terapi. Ide ini muncul setelah saya membaca praktik ini sudah diterapkan di Belanda supaya orang-orang lebih tenang dengan gaya hidupnya yang sibuk," kata Sibylle kepada BZ Basel.

Menurut Sibylle, sapi merupakan salah satu hewan yang cocok untuk dipeluk mengingat sapi merupakan hewan yang tenang. Terlebih, pembawaannya yang damai dianggap Sibylle bisa membantu seseorang lebih rileks.

"Sesi terapi memeluk sapi ini dimulai dengan teori singkat di mana pengunjung belajar tentang hewan. Kemudian pengunjung bisa menepuk-nepuk dan membersihkan mereka supaya terbentuk kedekatan di antara keduanya. Setelah itu, barulah pengunjung bisa memeluk sapi selama dua jam," kata Sibylle.

Dilaporkan Buure TV, tarif untuk terapi peluk sapi ini sekitar Rp 650 ribu. Sayangnya, baru ada 10 pengunjung yang berminat dengan terapi ini. Namun, sampai sekarang Sibylle masih menjalankan usahanya itu dan terkadang ia butuh bantuan sang ayah.

Menanggapi hal ini, pakar perilaku hewan Mario Becker mengatakan sapi bukanlah hewan yang cocok untuk dipeluk. Meskipun, ia tak menyangkal jika sapi cenderung tenang dan senang dengan kontak tubuh. Sehingga, sapi bisa dilatih untuk terbiasa dipeluk.

"Tapi pada prinsipnya, ketika sudah dekat dengan sapi, Anda mesti berhati-hati. Hindari melakukan gerakan yang tiba-tiba dan cepat karena itu bisa membuat sapi takut dan melakukan sesuatu yang membahayakan," kata Becker.

Baca juga: Emosi Hewan Peliharaan dan Pemiliknya Terbukti Saling Memengaruhi

(rdn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit