detikhealth

Konsultasi Seksologi

Artikel 18+

Kulit Mr P Kering dan Berkerut, Normalkah?

Senin, 27/03/2017 18:19 WIB
Kulit Mr P Kering dan Berkerut, Normalkah?Foto: thinkstock
Halo Dokter, saya mahasiswa usia dua puluh dua tahun. Belum pernah melakukan hubungan seksual.

Saya ingin bertanya tentang kulit pada kepala penis, seperti apakah kondisi penis yang normal? Saya mengamati kepala penis saya terlihat kering dan banyak kerutan, serta terlihat seperti ada daki yang menempel.

Saya sudah berusaha membersihkannya dengan sabun tapi tetap tidak bisa hilang. Normalkah itu? Penis saya dalam kondisi sunat. Dalam hal ini tidak ada keluhan seperti gatal pada kepala penis.

A (Laki-laki, 23 tahun)

Jawaban

Anda mengeluh kulit kepala penis Anda berkerut, seperti ada daki dan kering. Pada penis yang disunat, kepala penis relatif lebih kering dibandingkan dengan penis yang tidak disunat. Masalahnya, sentuhan dengan celana dalam membuatnya kering. Juga keriput amat relatif, ada kaitannya dengan usia. Pada usia remaja, kepala penis relatif lebih kencang, licin, bebas keriput.

Mengenai bercak seperti daki yang Anda keluhkan, perlu pemeriksaan lebih teliti. Biasanya berwarna putih, dikenal dengan sebutan smegma. Bercak ini mudah dibersihkan dengan air pada saat mandi.

Bila Anda tidak ada keluhan, seperti gatal atau nyeri, bisa disimpulkan sementara: kepala penis Anda normal.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit