Robert Koch: Penemu Bakteri TBC

4 Asupan Penting Bagi Ibu Hamil untuk Cegah Bayi Alami Kelainan Bawaan

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Senin, 20/03/2017 20:03 WIB
Index Artikel Ini   Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya 1 dari 5 Next »
4 Asupan Penting Bagi Ibu Hamil untuk Cegah Bayi Alami Kelainan Bawaan 1 Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Kelainan bawaan merupakan salah satu penyebab kematian bayi dan balita di Indonesia. Sekitar 7 persen kematian bayi dan balita di Indonesia terjadi akibat mengalami kelainan bawaan.

dr Tan Shot Yen, pakar gizi komunitas, mengatakan pemenuhan gizi dan nutrisi pada ibu hamil dapat menurunkan risiko anak lahir dengan kelainan bawaan. Karena itu, pemenuhan gizi dan nutrisi harus menjadi prioritas dan kebutuhan, bukan sekadar saran.

"Makan sehat di Indonesia ini masih dianggap belum penting. Ibu hamil makan yang dia doyan, bukan yang dia butuh. Jadinya makannya makanan instan, junk food, bukan omega-3, asam folat, atau iodin yang sebenarnya ia butuhkan," tutur dr Tan, dalam temu media di Kementerian Kesehatan, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.

Baca juga: Kelainan Bawaan Ancam Nyawa Bayi dan Balita di Indonesia

Meski terdengar asing, zat-zat tersebut sejatinya bisa ditemukan dengan mudah pada makanan. dr Tan pun menjelaskan apa saja manfaat dan bagaimana mengolah makanan-makanan tersebut menjadi sumber gizi bagi ibu hamil. Berikut penjabarannya:
Next :
1. Omega-3


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit