Robert Koch: Penemu Bakteri TBC

Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Artikel 18+

Vasektomi Berpengaruhkah pada Seksualitas?

Jumat, 17/03/2017 18:12 WIB
Vasektomi Berpengaruhkah pada Seksualitas?Foto: thinkstock
Dok, saya dan istri sudah ingin menyetop punya momongan. Jujur saja, saya hendak melakukan vasektomi tapi saya takut Dok. Akankah ini berpengaruh pada kebugaran seksual saya? Apalagi banyak teman pria saya yang menyatakan takut dan keberatan jika mereka yang melakukan vasektomi. Kenapa sih Dok banyak pria takut divasektomi?

S (Laki-laki, 52 tahun)

Jawaban

Vasektomi adalah cara kontrasepsi yang memblokir Vas-deferens, yaitu saluran sperma dari buah zakar yang dikenal sebagai pabrik sperma. Cara ini tidak mempengaruhi. Jaringan dalam buah zakar, hingga sel-sel Leydig tetap menghasilkan hormon testosteron seperti biasa dan libido juga tidak berubah.

Setiap tindakan atau terapi dalam kedokteran ada yang cocok bagi seseorang tapi ada pula yang tidak cocok, hingga menimbulkan efek samping.

Disarankan pilihlah kontrasepsi yang tidak membuat Anda ragu, juga prosedurnya tidak rumit, misalnya kondom atau pantang hubungan intim saat istri pada masa subur.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit