Robert Koch: Penemu Bakteri TBC

Konsultasi Tulang
Dr. Andri Primadhi, SpOT

Staf Divisi Foot and Ankle
Departemen Orthopaedi dan Traumatologi
FK Universitas Padjadjaran / RS Hasan Sadikin
Jl. Pasteur 38, Bandung 40161

Sakit Punggung, Adakah Kaitannya dengan Kecelakaan Empat Tahun Lalu?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Selasa, 14/03/2017 12:47 WIB
Sakit Punggung, Adakah Kaitannya dengan Kecelakaan Empat Tahun Lalu?Foto: Thinkstock
Jakarta, Halo Dok, tahun 2013 saya mengalami kecelakaan motor. Posisi saya terloncat dari motor dan menjadi posisi telentang dan bagian tulang punggung saya terselamatkan berkat tas ransel.

Saat kejadian saya merasa baik-baik saja, tidak ada keluhan sehingga saya tidak melakukan pemeriksaan apa-apa. Namun setelah beberapa tahun saya sering mengalami sakit di punggung ketika terlalu lama berdiri atau berjalan.

Pertanyaan saya, apakah hal tersebut ada kaitannya dengan kecelakaan yang saya alami? Dan jika memang tulang saya mengalami keretakan apa yang harus saya lakukan? Terima kasih Dok.

Putri (Perempuan, 21 tahun)

Jawaban

Halo Putri,

Apabila ada masalah serius pada tulang, misalnya keretakan, tentunya pada saat itu (2013) Anda sudah mengeluhkan rasa nyeri yang cukup kuat. Jadi menurut saya keluhan saat ini tidak ada hubungannya dengan peristiwa tersebut.

Keluhan yang Putri alami bisa saja akibat kelelahan akibat terlalu lama berdiri atau berjalan, atau akibat gerakan otot yang berulang-ulang (repetitif). Ini dinamakan Myofascial Pain Syndrome. Bila keluhan timbul, cobalah untuk beristirahat dan berelaksasi. Obat-obatan dan fisioterapi dapat membantu mengurangi gejala.

Selain itu juga perlu diperhatikan apakah Putri biasa menggunakan tas ransel yang berat sehingga membebani pundak atau tulang belakang. Apabila demikian, ada baiknya membagi beban dengan cara menggunakan tas jinjing sebagai tambahan, juga posisi tas ransel hendaknya pas di tubuh (tidak menggantung terlalu ke belakang), dan menggunakan kedua strap (tidak hanya sebelah).

Dr. Andri Primadhi, SpOT
Staf Divisi Foot and Ankle
Departemen Orthopaedi dan Traumatologi
FK Universitas Padjadjaran / RS Hasan Sadikin
Jl. Pasteur 38, Bandung 40161(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit