Robert Koch: Penemu Bakteri TBC

Olahraga Kardio Vs Latihan Beban, Mana yang Ampuh Turunkan Berat?

Firdaus Anwar - detikHealth
Jumat, 10/03/2017 09:12 WIB
Olahraga Kardio Vs Latihan Beban, Mana yang Ampuh Turunkan Berat?Foto: thinkstock
Jakarta, Selama ini untuk menurunkan berat badan maka olahraga kardio adalah yang paling disarankan. Tapi kemudian belakangan muncul pendapat bahwa olahraga latihan beban juga bisa sama efektif memicu metabolisme dan membantu menurunkan berat tubuh.

Lalu mana yang benar? Untuk menjawab hal tersebut para peneliti dari Duke University melakukan studi membandingkan langsung antara program olahraga kardio dengan latihan beban pada 119 partisipan berat badan berlebih.

Partisipan dibagi menjadi tiga kelompok yaitu mereka yang mendapat program kardio, program latihan beban, dan kombinasi dari keduanya. Berat badan tiap individu dicatat sebelum studi dimulai dan setelah delapan bulan dihitung kembali.

Baca juga: Doyan Makan, Lala Karmela Rutin Olahraga Kardio Agar Badan Tak Gemuk

Hasilnya partisipan yang melakukan kardio rata-rata turun berat badan sekitar 2 kilogram. Sementara itu partisipan yang melakukan latihan beban malah mendapat kenaikkan berat sekitar 1 kilogram.


Salah satu peneliti Cris Slentz, PhD, mengatakan hasil tersebut sebenarnya bukan sesuatu yang mengejutkan. Pada olahraga kardio seperti berlari, renang, atau aerobik fungsi jantung-paru diuji menjadi lebih cepat sehingga tubuh akan memetabolisme lebih banyak energi.

"Menit per menit, olahraga kardio akan membakar lebih banyak energi. Oleh karena itu kardio menjadi pilihan yang lebih baik untuk menurunkan berat badan," kata Cris seperti dikutip dari CNN, Kamis (9/3/2017).

Pada kelompok partisipan yang mengangkat beban, berat badan mereka bertambah karena ada penambahan massa otot. Ketika latihan mengangkat beban otot mendapat stimulasi sehingga menjadi lebih tebal.

Cris mengatakan meski berat bertambah tapi bukan berarti olahraga latihan beban sesuatu yang buruk. Bagi orang tua terutama latihan beban sangat penting karena dapat menjaga fungsi otot-otot di tubuh yang mengalami penurunan bisa tetap prima.

"Latihan beban penting untuk mempertahankan lean body mass, kekuatan, dan fungsi otot. Bisa tetap fit merupakan hal penting dalam kehidupan sehari-hari tak peduli seberapa besar badan Anda," pungkas Cris.

Baca juga: Latihan Beban Tidak Hanya Untuk Mereka yang Ingin Body Seperti Rambo

(fds/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit