Robert Koch: Penemu Bakteri TBC

Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Artikel 18+

Pria Usia 40-an Tahun yang Kehilangan Semangat Bercinta

Senin, 06/03/2017 18:21 WIB
Pria Usia 40-an Tahun yang Kehilangan Semangat BercintaFoto: thinkstock
Selamat malam, saya pria berumur 42 tahun. Telah menikah selama 16 tahun. Selama ini kehidupan rumah tangga saya bahagia, nggak ada masalah berarti, demikian dengan kegiatan seks kami. Apalagi saya pulang seminggu sekali.

Saya dan istri sama-sama puas. Namun sebulan ini saya mengalami kejadian, semangat untuk bercinta hilang sama sekali. Rasanya tidak ada semangat, padahal sebelum sebagaimana capeknya keinginan itu selalu ada.

Masalahnya saya bisa ereksi keras tapi nggak bisa tahan lama tapi kalau baca atau nonton video saya coba bisa keras dan lama. Kalau tidur juga pagi hari ereksi keras. Kira-kira saya harus berobat ke mana Dok untuk menyebuhkan penyakit ini? Terimakasih atas bantuannya.

Mr R (Laki-laki, 42 tahun)

Jawaban

Mengingat usia Anda yang sudah 42 tahun, sudah 16 tahun menikah dengan kehidupan seksual yang harmonis, keluhan yang Anda alami kemungkinan gejala disfungsi ereksi (DE). Yang penyebabnya biasanya adalah penyakit penyakit kronis: kencing manis, darah tinggi, gangguan kadar lemak darah.

Dianjurkan Anda berkonsultasi dengan dokter keluarga Anda untuk melakukan general check-up, guna mendeteksi penyakit kronis tersebut yang jadi faktor pemicu disfungsi ereksi.

Yang menggembirakan bahwa libido masih terpicu saat lihat video, gambar atau baca buka yang sensual. Juga masih ada 'morning erection' (ereksi penis di pagi hari), petunjuk kadar hormon pria (testosteron) Anda masih relatif cukup.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit