detikhealth

Konsultasi Anak
dr. Meta Hanindita, SpA

Berpraktik di RSUD Dr Soetomo Surabaya, Jl Mayjend Prof Dr Moestopo No 6 - 8, Kota Surabaya, Jawa Timur

Bayi Susah Tidur, Adakah Hubungannya dengan Pola Makan?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Kamis, 16/02/2017 14:17 WIB
Bayi Susah Tidur, Adakah Hubungannya dengan Pola Makan?Foto: detikhealth
Jakarta, Siang Dok, anak saya usianya 7,5 bulan. Dari bayi anak saya kurang suka tidur, padahal pas saya baca artikel tidur sangat penting bagi bayi.

Sebagai acuan anak saya biasanya sarapan dengan 1/2 mangkuk kecil makanan bayi yang biasa saya beli di outlet makanan bayi di daerah saya seperti bubur dengan salmon atau sebagainya, saat siang saya beri biskuit bayi 2 biji yang saya haluskan dengan air hangat, saat sore saya beri dia bubur bayi instan.

Menurut Dokter apa sudah benar pola makan anak saya? Kira-kira apa sebab anak saya susah tidur di siang hari? Mungkinkah anak saya masih lapar jadi susah untuk tidur? Mohon jawabannya ya
Dok? Trims.

Putri (Wanita, 25 tahun)

Jawaban

Selamat siang Bu, anak berusia 7,5 bulan membutuhkan waktu tidur kurang lebih 14 jam dalam sehari, entah itu terbagi beberapa kali atau hanya pada malam hari saja, yang penting totalnya sekitar 14 jam. Coba dihitung dulu Bu total berapa lama tidur anaknya, jika memang sampai 14 jam berarti normal.

Kemudian untuk pola makan anak 7,5 bulan seharusnya mulai ditingkatkan konsistensinya menjadi bubur dengan konsistensi yang lebih kasar dibanding saat masih awal MPASI. Makan utama dapat diberikan 2-3x/hari dengan jumlah perkalinya sekitar 100-125 cc (1/2 mangkok), dan diberikan snack (boleh berupa biskuit atau buah) sebanyak 1-2x/hari. ASI boleh tetap diberikan on demand.

dr. Meta Hanindita, SpA
Berpraktik di RSUD Dr Soetomo Surabaya, Jl Mayjend Prof Dr Moestopo No 6 - 8, Kota Surabaya, Jawa Timur(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit