Robert Koch: Penemu Bakteri TBC

Konsultasi Psikologi Seks dan Perkawinan
Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi

Psikolog Perkawinan dan Keluarga di Klinik Rumah Hati
Twitter: @wulanayur dan @twitpranikah
http://pranikah.org/

Pernah Dikhianati Suami, Istri Balas Selingkuh dengan Teman Lama

Suherni Sulaeman - detikHealth
Jumat, 10/02/2017 13:07 WIB
Pernah Dikhianati Suami, Istri Balas Selingkuh dengan Teman LamaFoto: detikcom
Jakarta, Mbak, usia pernikahan saya sudah 25 tahun, permasalahnnya, belum lama istri ketemu dengan pacar lama waktu SMA. Bahkan istri cerita kalau dulu gaya berpacarannya sampai petting. Istri CLBK dengan pacar lama, tiap hari selalu teleponan di depan saya.

Meski sudah saya larang dia malah mengungkit masa lalu saya, di mana waktu itu, 20 tahun yang lalu saya selingkuh (hanya jalan saja, tidak melakukan hubungan seks ataupun ciuman) jadi istri saya memanfaatkan situasi ini sebagai ajang balas dendam.

Saya bingung, apa yang harus saya lakukan ya? Mengingat usia kami sudah tak lagi muda. Terimakasih Mbak.

Mr T (Pria, 50 tahun)

Jawaban

Dear Pak T,

Setiap orang memang memiliki definisi masing-masing tentang perselingkuhan. Bisa jadi yang Anda anggap bukan perselingkuhan, dianggap berbeda oleh pasangan, begitu pula sebaliknya. Dampaknya pun bisa bervariasi, tergantung bagaimana penghayatan orang tersebut terhadap perselingkuhan, terlepas sejauh mana hubungan perselingkuhan tersebut dilakukan.

Ada beberapa hal yang mungkin saja terjadi pada kasus ini. Alternatif pertama, dampak perselingkuhan 20 tahun yang lalu menimbulkan luka yang dalam bagi istri, sehingga ia ingin menyakiti Anda dengan cara yang sama. Alternatif kedua, 'balas dendam' atas perselingkuhan Anda hanyalah pembenaran dari perselingkuhan yang istri lakukan saat ini. Berhubung istri secara terbuka menyatakan niatnya untuk CLBK dan terang-terangan berhubungan di depan Anda, kemungkinan yang terjadi adalah alternatif pertama, meskipun tidak menutup ada hal-hal lain yang belum terpikirkan karena keterbatasan informasi.

Luka yang bisa bertahan sampai dengan puluhan tahun biasanya terjadi ketika luka yang ada diabaikan. Semakin lama luka ini dibiarkan, maka semakin lama pula pulihnya. Beberapa kasus yang pernah saya tangani seringkali hubungan terlihat membaik, padahal masalah yang ada sebenarnya belum selesai, yang dapat berpengaruh kurang baik terhadap hubungan dalam jangka panjang.

Lalu, bagimana dengan Anda sendiri? Anda tidak banyak menceritakan bagaimana dampak peristiwa ini terhadap diri Anda sendiri. Bagaimana Anda sendiri menghayati perselingkuhan ini? Apa yang Anda rasakan? Apa yang Anda pikirkan? Tidak jarang perasaan bersalah muncul kembali dalam situasi seperti ini dan mengganggu.

Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan psikolog klinis dewasa atau psikolog perkawinan. Anda bisa berkonsultasi bersama istri, ataupun sendiri dulu. Anda bisa dibantu untuk menelaah pikiran dan perasaan Anda, memulihkan trauma (pelaku perselingkuhan juga bisa mengalami pengalaman traumatis akibat perselingkuhan), serta menggali solusi yang bisa dilakukan ke depannya.

Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi
Psikolog Perkawinan dan Keluarga di Klinik Rumah Hati
Jl. Muhasyim VII no. 41, Cilandak, Jakarta Selatan
Twitter: @wulanayur dan @twitpranikah
http://pranikah.org/(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit