Robert Koch: Penemu Bakteri TBC

Konsultasi Kedokteran Olahraga
dr. Michael Triangto, SpKO

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga
Direktur Klinik Slim and Health di RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek Jakarta
Koordinator Kedokteran Olahraga di PB Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI)
Anggota Tim Ahli Persatuan Golf Indonesia (PGI)

Berenang Usai Nge-gym Bisakah Bantu Tingkatkan Massa Otot?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Kamis, 09/02/2017 16:47 WIB
Berenang Usai Nge-gym Bisakah Bantu Tingkatkan Massa Otot? Foto: detikHealth
Jakarta, Dear dr Michael. Mau tanya Dok, saat ini saya lagi mengikuti fitnes atau ngegym untuk menaikan berat badan saya, sebelumnya berat badan saya di bawah 45-50 kg. Untuk saat ini saya sertakan berenang setiap habis ngegym, apakah itu boleh Dok dan baik terutama untuk menaikan berat badan? Terus apakah ada tips agar berat badan saya bisa lebih cepat naik karena napsu makannya saya susah, makan sedikit dan tidak suka ngemil?

Jen (Pria, 26 tahun)

Jawaban

Dear Jen, menaikkan berat badan yang berasal dari peningkatan massa otot dapat dilakukan dengan melakukan olahraga yang tepat. Artinya intensitas latihan harus cukup untuk membakar lemak namun tidak boleh berlebihan karena akan mengakibatkan kerusakkan massa otot yang ada, terlebih lagi bilamana pemasukan makanan yang tidak mencukupi untuk membentuk massa otot yang dimaksud. Dengan demikian harus selalu dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan alat pengukur bodyfat analyzer agar latihan dan asupan makanan cukup efektif dalam mencapai tujuan latihan.

Menambahkan renang yang merupakan latihan aerobik tentunya dapat membantu proses pembakaran lemak tubuh yang berlebih, namun bila dilakukan setelah menyelesaikan latihan beban maka ada kemungkinan untuk terjadinya kejang otot akibat kelelahan dan kehilangan elektrolit tubuh yang berlebihan.

Untuk amannya sebaiknya lakukan renang terlebih dahulu dan setelah selesai baru dilanjutkan dengan latihan beban. Untuk makanan sebaiknya dilakukan dengan menggunakan makanan berbentuk cair seperti susu dan berbagai produknya seperti jus buah yang ditambahkan susu, puding dan sebagainya sehingga tidak terasa terlalu mengenyangkan.

dr. Michael Triangto, SpKO
Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga
Direktur Klinik Slim and Health di RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek Jakarta
Koordinator Kedokteran Olahraga di PB Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI)
Anggota Tim Ahli Persatuan Golf Indonesia (PGI)(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit