detikhealth

Yuk, Dapatkan Manfaat Sehat dari Konsumsi Kacang Almond

Martha Heriniazwi Dianthi - detikHealth
Kamis, 24/12/2015 13:07 WIB
Yuk, Dapatkan Manfaat Sehat dari Konsumsi Kacang AlmondFoto: Thinkstock
Jakarta, Gurihnya almond membuat kacang yang satu ini sering dicampur ke makanan tertentu, misalnya cokelat. Tak cuma gurih, almond juga punya manfaat sehat. Apa saja?

"Almond merupakan sumber protein baik yang mengandung asam lemak esensial, vitamin E, dan magnesium," kata Alyssa Burns, salah peneliti dari Universitas Florida, Amerika Serikat, dikutip dari Indian Express, Kamis (24/12/2015).

Baca juga: Hai Wanita, Ngemil Asupan Ini Bisa Bantu Kurangi Risiko Kanker Usus Lho 

Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan melibatkan 29 pasang orang tua dan anak-anak. Sebagian besar orang dewasa adalah ibu dengan usia rata-rata 35 tahun, sedangkan anak-anaknya berusia antara tiga hingga enam tahun.

Anak-anak diberi 14 gram mentega almond setiap hari. Sedangkan orang tua diberi 14 gram almond per hari.

Berdasarkan kesimpulan para ilmuwan, Healthy Eating Index (HEI) menujukan anak-anak dan orang tua yang mengonsumsi almond, nilai HEI-nya meningkat. Disebut penelitu, skor HEI mereka meningkat 53,7 sampai 61,4.

Baca juga: Tak Hanya untuk Kulit, Vitamin E Juga Dibutuhkan Sel-sel Otak

Selain baik untuk kesehatan, kacang almond juga ditengarai membantu wanita mengurangi risiko kanker usus. Cukup dengan mengonsumsi almond dua kali atau lebih per pekan akan mengurangi risiko kanker usus atau kolorektal sebanyak 13 persen.

Almond juga diyakini bisa membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Caranya cukup dengan menambahkan kacang almond ke​ ​dalam menu diet sehari-hari, misalnya menjadikannya sebagai camilan.

Selain itu, almond juga dipercaya efektif membantu menurunkan ​k​adar kolesterol jahat dalam tubuh. Karena sebagian besar kacang mengandung lemak baik yaitu ​lemak tak jenuh tunggal ​yang dapat mencegah kenaikan kadar kolesterol. Nah, dalam mengonsumsi almond upayakan yang tanpa pengawet dan tanpa perasa makanan berlebih.

Meski sudah rutin mengonsumsi kacang almond, jangan lupa juga untuk tetap melakukan aktivitas fisik ya.

(vit/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit