Robert Koch: Penemu Bakteri TBC

Mengapresiasi Karya Seni, Memberi Energi Baik untuk Kesehatan

Tya Eka Yulianti - detikHealth
Jumat, 04/09/2015 15:30 WIB
Mengapresiasi Karya Seni, Memberi Energi Baik untuk KesehatanFoto: tya eka
Jakarta, Tahukah Anda jika sebuah karya memiliki energi baik yang dapat bermanfaat tubuh kita? Jadi, biarkan body wisdom atau kecerdasan tubuh menilai sebuah karya. Bagaimana caranya?

Dr Hanson Barki, Pendiri Klinik Hanara yang merupakan ahli energi membagi sudut pandang lain yang unik dalam menilai suatu karya seni. Menurutnya, karya seni bisa saja hanya berarti atau bermanfaat hanya bagi seniman atau pembuatnya sendiri, atau juga karya seni itu bisa membawa manfaat bagi orang yang melihat, memiliki atau menikmatinya.

Di Hanara The Art and Practice of Vibrant Living, Hanson mencoba menunjukkan bahwa tubuh kita yang secara sistem terdiri dari mind-body-soul dapat memilih sesuatu yang baik bagi diri kita melalui kinesiologi.

"Tubuh memiliki sistem refleks. Kalau kita tahu cara bertanya pada tubuh, dia bisa memberikan jawaban yang baik bagi diri kita," ujar Hanson.

Baca juga: Meski Lahir Tanpa Tangan dan Kaki, Wanita Ini Jago Melukis dan Berdandan

Kinesiologi adalah suatu cara diagnosa dengan menggunakan uji tekan otot, sistem kerja refleks tubuh dan pemanfaatan getaran energi atau gelombang elektromagnet tubuh.

Sebagai contoh, tubuh yang diperlihatkan gambar berwarna putih polos saat diuji melalui otot lengan memiliki kekuatan. Namun otot tangan berubah jadi lemah saat diperlihatkan gambar sebuah kamar yang berantakan.

"Tubuh itu paling jujur. Kalau sesuatu membuat kita nyaman, maka tubuh akan menjadi kuat," katanya.

Sama halnya dengan perbedaan saat orang dewasa begitu merasa bahagia menemani anak kecil bermain sementara ikut lemah dan sedih saat menemani orang dewasa yang sedang berada di UGD. Energi yang dirasakan tubuh sesuai dengan kenyamanan yang ditangkap tubuh.

Hal serupa dapat diterapkan juga dalam memilih makanan, juga dalam menilai sebuah karya seni. Karena menurut Hanson, selera kita terhadap sebuah karya seni juga bisa menipu.

"Kami menawarkan sudut pandang lain yaitu menggunakan kebijaksanaan mana yang cocok buat kita melalui vibrasi sebuah karya," tutur Hanson.

Baca juga: Tren Sunburn Art Menjamur di Media Sosial, Bahaya Kanker Kulit Meningkat

Seorang fotografer bernama Kinez Riza dinilai Hanson merupakan salah satu seniman yang dapat menciptakan karya yang secara universal dapat diterima secara positif oleh tubuh.

"Karya-karya Kinez konsisten menghadirkan energi baik bagi yang melihatnya. Baik itu dari single foto maupun komposisi banyak foto," jelasnya.

Untuk melihat seperti apa dan bagaimana karya-karya yang berenergi baik, Kinez akan memamerkan karya-karyanya dalam pameran foto bertajuk Energy and Soul Photoghrapy di Gallery Venue Salian Art Space, Jalan Sersan Bajuri No 86 mulai hari ini, Jumat (4/9/2014) hingga 4 Oktober mendatang.

(tya/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit