detikhealth

Mau Tetap Sehat di Usia Lanjut? Aktivitas Ini Bisa Jadi Pilihan

Patricia Astrid Nadia - detikHealth
Minggu, 28/12/2014 13:51 WIB
Mau Tetap Sehat di Usia Lanjut? Aktivitas Ini Bisa Jadi Pilihan Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Jakarta, Jangan khawatir jika Anda sudah memasuki masa lansia. Secara fisik memang kemampuan tubuh akan menurun dan rentan dengan beragam masalah kesehatan.

Tak hanya itu, pada usia 65 tahun ke atas, lansia kerap memiliki masalah pada terlambatnya respons pada aspek fisik maupun mental. Apalagi setelah pensiun sekian lama dan tidak beraktivitas.

Anda tak perlu cemas. Ada beragam cara untuk mengatasinya. Dalam penelitian Baker dan Cahalil terhadap 1200 lansia, yang dikutip dari Buku Experience Human Development, diungkapkan bahwa lansia yang terus beraktivitas akan hidup lebih bahagia.

Misalnya dengan berkumpul dengan keluarga, bermain dengan para cucu, berkebun, atau mengunjungi teman lama. Tak hanya itu, mereka yang aktif dipastikan akan berumur lebih panjang dan tubuh cenderung berfungsi dengan lebih baik.

“Saya nggak bisa diam. Biasanya kalau di rumah saya suka membuat kue. Terus saya juga ikut ke sekolahan cucu,” ujar Nini (80), kepada detikHealth dan ditulis pada Minggu (28/12/2014).

Baltes, salah satu pakar psikologi perkembangan menyampaikan bahwa sebaiknya lansia memilih aktivitas yang mereka sukai. Lalu, mengoptimalkan waktu sebaik mungkin untuk mengerjakan hal tersebut. Jika lansia memiliki masalah, sebaiknya didiskusikan dengan anggota keluarga.

Jadi, bagi Anda para lansia teruslah mengisi waktu Anda dengan beragam aktivitas. Mungkin Anda memang sudah pensiun dan berumur lanjut. Tapi, teruslah menjalani aktivitas yang disukai supaya hidup tetap sehat.

(ajg/ajg)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit