detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.

Ibu Baru yang Khawatir karena Keluar Darah Saat Bercinta

Rabu, 07/08/2013 15:37 WIB
Halaman 1 dari 2
ilustrasi (Foto: Think Stock)
Saya seorang ibu dengan 2 orang anak yang lahir secara normal. Anak kedua saya saat ini berusia 4 bulan dan suntik KB 1 bulanan pada bulan Maret. Permasalahan saya adalah saat ini setiap kali berhubungan intim dengan suami, saya selalu meneteskan darah, dan darah itu segar dan tidak kental. Beberapa kali sudah kejadian itu berulang.

Saya juga sudah melakukan papsmear bulan Maret kemarin. Hasilnya bagus, tidak ada yang abnormal, dan saya diberi resep formuno untuk 25 hari. Selama itu saya tidak pernah berhubungan intim dengan suami. Setelah habis obat, baru kami kembali berhubungan dan berdarah lagi padahal waktu usai kelahiran anak pertama saya tidak pernah mengalami hal ini.

Sebenarnya apa yang terjadi dengan organ reproduksi saya Dok? Saya jadi cemas, karena keluarnya darah tersebut. Sekedar informasi, liang vagina saya juga tidak terasa sakit saat penetrasi, hanya saja ketika penis dicabut, darah itu menetes 2 tetesan. Setelah saya cuci, tidak ada lagi darah yang keluar baik yang menetes atau pun bercak di celana dalam.

Apakah ada masalah dengan bekas jahitan usai melahirkan? Atau ada masalah lain Dok? Saya jadi bingung dengan kondisi ini, mohon bantuannya Dok. Apakah yang harus saya lakukan? Terimakasih Dokter atas tanggapan dan bantuannya. Salam.

Stephanie (Wanita menikah, 28 tahun),stephaniXXXX@yahoo.co.id
Tinggi badan 157 cm dan berat badan 60 kg

Jawaban

Bercak darah setelah hubungan intim yang Anda alami, tidak usah dirisaukan. Hal ini kerap terjadi pada wanita pasca persalinan normal yang menggunakan pula KB suntik 1 (satu) bulanan.Next

Halaman 1 2
(vit/vit)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit