detikhealth

Berlatih Tai Chi Bisa Perkuat Jantung

Putro Agus Harnowo - detikHealth
Selasa, 10/04/2012 08:03 WIB
Berlatih Tai Chi Bisa Perkuat Jantung(Foto: thinkstock)
Jakarta, Peneliti menemukan bahwa olahraga kuno asal Cina yang disebut Tai Chi bermanfaat untuk kesehatan jantung. Latihan Tai Chi menggunakan gerakan yang mengalir dan melingkar, terkadang menumpukan keseimbangan tubuh pada satu kaki dan banyak bernapas dalam-dalam. Tujuan dari 100 gerakan Tai Chi adalah membuat tubuh dapat relaks baik fisik maupun mental.

Olahraga Tai Chi telah ada sejak 2.000 tahun yang lalu. Meskipun terlihat seperti olahraga ringan, olahraga ini dikembangkan di Cina sebagai seni bela diri. Legenda mengatakan bahwa seorang biarawan Cina membuat teknik ini dengan menonton tarian mematikan antara ular dan burung bangau.

Para peneliti menemukan bahwa Tai Chi membantu pasien gagal jantung kronis untuk meningkatkan kualitas hidupnya, meningkatkan suasana hati dan memberikan kepercayaan diri untuk mencoba melakukan olahraga lainnya.

Para peneliti mempelajari 100 orang pasien gagal jantung kronis. 50 orang di antaranya diminta mengikuti kelas Tai Chi 2 kali seminggu selama 3 bulan. Sisanya 50 orang diminta mengikuti pengajaran di dalam kelas mengenai kesehatan jantung.

"Kami tahu bahwa gagal jantung kronis ini merupakan penyakit kronis yang progresif namun ada obatnya. Pasien sering menderita dari waktu ke waktu dengan gejala seperti sulit melakukan olahraga, sesak napas dan penurunan kualitas hidup. Jika kami dapat membuat pasien merasa lebih baik secara keseluruhan dan meningkatkan kesejahteraannya, dampak kesehatannya akan cukup signifikan," kata dr Gloria Yeh dari Harvard Medical School dan Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston seperti dilansir VOAnews, Selasa (10/4/2012).

Penelitian ini tidak menemukan perbedaan antara kedua kelompok saat diminta berjalan-jalan selama 6 menit. Tetapi, kelompok Tai Chi lebih banyak terbakar kalorinya saat berpartisipasi dalam aktivitas fisik tambahan. Penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa Tai Chi membantu mengurangi gejala penyakit lain seperti tekanan darah tinggi, fibromyalgia dan stres.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Archives of Internal Medicine menyimpulkan bahwa Tai Chi membuat pasien gagal jantung merasa lebih baik, lebih percaya diri dan melakukan gaya hidup yang jauh lebih aktif.

Penelitian lain menemukan bahwa Tai Chi membantu meningkatkan kepadatan tulang, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaat fisik biasanya dikaitkan dengan latihan fisik yang lebih kuat. Selain itu, pasien yang melakukan Tai Chi lebih patuh dengan jadwal latihan Tai Chi-nya sehinga lebih banyak waktu untuk berolahraga.

"Salah satu hal yang paling penting dalam setiap latihan adalah kepatuhan. Kepatuhan ini juga merupakan salah satu komponen Tai Chi yang paling berharga," kata dr Yeh.

Tai Chi dilakukan lewat gerakan lambat dengan teknik pernapasan dan pikiran yang difokuskan menciptakan efek menenangkan namun menyegarkan. Meskipun secara teknis dianggap sebagai seni bela diri, Tai Chi juga direkomendasikian untuk orang yang tertarik berolahraga dan menjaga gaya hidup sehat.




(pah/ir)


Ikuti survei online detikHealth berhadiah paket dari SOHO dan merchandise di sini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit