detikhealth

Makanan yang Harus Dipantang Penderita Batu Empedu

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Jumat, 16/03/2012 07:42 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Hari ini Ibu Negara Ani Yudhoyono akan menjalani operasi batu empedu di RSPAD Gatot Subroto. Ada beberapa makanan yang harus dihindari bagi orang yang menderita penyakit batu empedu.

Batu empedu terjadi karena terbentuknya kristal dari endapan cairan pencernaan dalam kantong empedu, yaitu kelenjar kecil di sisi kanan perut persis di bawah hati, yang mengeluarkan cairan untuk mencerna makanan di usus halus.

Jenis yang paling banyak dari batu empedu disebabkan karena kelebihan kolesterol dalam empedu. Untuk mencegah rasa sakit yang terkait dengan serangan batu empedu, dokter dan praktisi pengobatan alternatif biasanya akan menyarankan perubahan dalam diet.

Mengetahui makanan yang harus dihindari akan mengurangi rasa tidak nyaman dan dapat mencegah pembentukan batu empedu baru. Berikut beberapa makanan yang harus dihindari bagi penderita batu empedu, seperti dilansir Livestrong, Jumat (15/3/2012):

1. Telur
Dokter merekomendasikan mengurangi atau menghindari telur bagi penderita batu empedu karena tingkat tinggi kolesterol dan kemungkinan hubungan antara kondisi kantong empedu dan alergi makanan. Konsumsi telur memicu serangan kantong empedu dalam persentase yang tinggi pada kelompok orang yang memiliki alergi.

2. Daging berlemak
Makan daging yang berlemak dapat mengiritasi batu empedu dan memperparah keluhan. Ganti daging berlemak dengan sumber prorein daging tanpa lemak seperti ikan air dingin, ayam atau kalkun. Saat mempersiapkan unggas, selalu buang kulit dan lemak untuk menghindari iritasi batu empedu.

3. Makanan yang digoreng
Gorengan juga jadi pantangan bagi orang dengan batu empedu, karena terkenal dengan kandungan tinggi lemak jenuh. Lemak jenuh dapat memperburuk rasa sakit batu empedu dan ketidaknyamanan. Hindari memasak dengan minyak sayur padat, margarin dan lemak hewani. Gunakan minyak zaitun atau canola sebagai alternatif sehat untuk menggoreng.Next

Halaman 1 2
(mer/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit