detikhealth

'Siraman' Air Mani Punya Manfaat Kesehatan untuk Perempuan

Putro Agus Harnowo - detikHealth
Kamis, 15/12/2011 18:34 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Air mani pria masuk ke tubuh wanita saat pasangan melakukan hubungan intim. Tapi ternyata air mani bukan hanya digunakan untuk proses pembuahan. Perempuan yang sering terkena air mani ternyata lebih sehat karena air mani punya beberapa manfaat untuk kesehatan perempuan.

Air mani adalah cairan yang menyertai sperma dan hanya mengisi 3 persen cairan sperma yang dihasilkan laki-laki. Sisanya adalah air, ditambah dengan sekitar 50 macam senyawa seperti gula (untuk menyehatkan sperma), imunosupresan (untuk menjaga sperma agar tidak dihancurkan oleh sistem kekebalan perempuan), dua hormon seks perempuan dan senyawa yang meningkatkan mood seperti endorfin, estrone, prolaktin, oksitosin, thyrotrpin dan serotonin.

1. Terjadi Efek McClintock
Pada perempuan-perempuan yang tinggal bersama seperti di panti jompo, penjara, biara, bordil, asrama atau barak, menstruasinya terjadi relatif berbarengan dari waktu ke waktu. Diduga, perempuan mendeteksi feromon masing-masing dan entah bagaimana, senyawa ini mempengaruhi hormon perempuan dan membuat menstruasinya tiba di waktu yang relatif sama.

Fenomena ini disebut sebagai Efek McClintock. Namun Gordon Gallup dan Rebecca Burch, dua orang psikolog evolusioner di State University of New York bingung karena menemukan bahwa para lesbian tidak menunjukkan efek McClintock. Keduanya kemudian menyadari bahwa satu-satunya perbedaan nyata antara lesbian dan perempuan heteroseksual adalah perempuan heteroseksual terkena air mani.

2. Sebagai Anti Depresi dan Meningkatkan Suasana Hati
Peneliti kemudian mensurvei 293 orang perempuan di State University of New York tentang hubungan seksnya dengan dan tanpa kondom dan kemudian memberi perempuan kuesioner untuk mengukur suasana hatinya.

Dibandingkan dengan perempuan yang selalu atau biasa menggunakan kondom, perempuan yang tidak pernah menggunakan kondom dan vaginanya terkena air mani menunjukkan suasana hati yang lebih baik secara signifikan dan gejala depresinya lebih sedikit.

Selain itu, dibandingkan dengan perempuan yang tidak pernah melakukan hubungan intim sama sekali, perempuan yang terkena air mani menunjukkan suasana hati yang lebih bagus dan depresi yang lebih sedikit.Next

Halaman 1 2
(ir/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit