detikhealth

Kenapa Kanker Bisa Tidak Terdeteksi Bertahun-tahun?

Vera Farah Bararah - detikHealth
Jumat, 18/11/2011 15:32 WIB
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Terkadang seseorang tidak tahu jika dirinya memiliki kanker sampai bertahun-tahun, padahal kesuksesan pengobatan kanker akan tinggi jika ditemukan secara dini. Kenapa kanker bisa tidak terdeteksi selama bertahun-tahun?

Jutaan orang membawa tumor dalam tubuhnya selama bertahun-tahun tanpa terdeteksi. Peneliti mengklaim hal ini karena sel tumor tersebut tidak masuk ke dalam aliran darah.

Para ilmuwan dari Stanford University menunjukkan hal itu membuat sel kanker tidak terdeteksi selama satu dekade atau bahkan lebih lama untuk tumbuh menjadi tumor hingga jumlah yang dikeluarkan cukup dideteksi sebagai biomarker.

Namun banyak biomarker yang dibuat oleh sel-sel tumor ini juga diproduksi secara alami dalam tubuh yang sehat, sehingga butuh waktu bertahun-tahun sebelum mencapai konsentrasi yang cukup tinggi untuk menimbulkan kekhawatiran.

Untuk itu diperlukan tes yang lebih sensitif serta menemukan biomarker yang lebih khusus dalam mendiagnosa awal kanker yang merupakan kunci dalam keberhasilan pengobatan.

Dalam studi pertama menghubungkan ukuran tumor dengan tingkat biomarker yang dilepaskan ke dalam aliran darah. Ditemukan tumor ovarium harus mencapai ukuran 1,7 miliar sel sebelum tes yang terbaik bisa mendeteksi kondisi itu.

Hal ini seperti sebuah kubus yang berukuran 2 cm ada dalam tubuh dan membutuhkan waktu sekitar 10-13 tahun sebelum akhirnya biomarker yang paling menonjol ini berada dalam tingkat yang cukup tinggi.

"Ini benar-benar penting bagi kita untuk menemukan biomarker yang dibuat secara eksklusif oleh sel-sel tumor," ujar Prof Sanjiv Gambhir yang memimpin studi, seperti dikutip dari Telegraph, Jumat (18/11/2011).

Deteksi dini merupakan kunci untuk mengalahkan sebagian besar jenis kanker, tapi sayangnya sekitar 80 persen pasien kanker datang dalam kondisi stadium lanjut yang mana tingkat keberhasilan pengobatannya semakin kecil.
 
 
(ver/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
Must Read close