detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
DR. Med. Dr. Calvin Tjong, SpOG

DR. Med. Dr. Calvin Tjong, SpOG adalah Dokter Spesialis Obstetri Ginekologi. Praktik di RS PURI INDAH PONDOK INDAH, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222. (Periode konsultasi 19 November 2009 hingga 22 Juni 2012)

Bisakah Hamil Jika Sperma Suami Sedikit dan Lambat?

Kamis, 07/04/2011 14:27 WIB
foto: Thinkstock
Dok, saya sudah 1 tahun lebih menikah dan belum dikaruniai anak, setelah dites di lab ternyata masalah ada di suami saya yang ternyata hasil labnya menunjukan jumlah sperma suami jauh dari ukuran normalnya (sekitar 3-4 ribuan) dan bergerak lambat bahkan lebih banyak yang diam di tempat.Sebenarnya suami saya sudah di rekomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter ahlinya, tetapi belum ada kesempatan bertemu karena kesibukan plus biaya.

Yang ingin saya tanyakan, apakah hal tersebut bisa disembuhkan? Apakah ada obat yang lebih alami selain obat kedokteran berhubung biayanya pasti lebih mahal, dan biasanya apa tindakan yang akan dilakukan oleh dokter pertama kali untuk masalah ini dan berapa kira-kira biaya pengobatanya sampai selesai? Terimakasih sebelumnya.

Endah (Perempuan Menikah, 27 Tahun), swety_XXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 165 Cm dan Berat Badan 45 Kg

Jawaban

Kondisi sperma seperti ini sulit untuk disembuhkan, karena keadaan ini biasanya muncul akibat gaya hidup yang salah seperti konsumsi junk food selama puluhan tahun.

Dalam setiap 1 ml air mani seharusnya terdapat ada 20 juta sperma. Atau jumlah sperma minimal untuk pria subur adalah 40 juta sperma dimana 75 persennya harus hidup.

Kehamilan tampaknya hanya bisa terjadi bila dilakukan proses bayi tabung yang memang sangat mahal biayanya.

DR. Med. Dr. Calvin Tjong, SpOG
Dokter Spesialis Obstetri Ginekologi. Praktik di RS PURI INDAH PONDOK INDAH, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.
 
(ir/up)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit