detikhealth
Konsultasi Kedokteran Olahraga
DR. Med. Dr. Calvin Tjong, SpOG

DR. Med. Dr. Calvin Tjong, SpOG adalah Dokter Spesialis Obstetri Ginekologi. Praktik di RS PURI INDAH PONDOK INDAH, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222. (Periode konsultasi 19 November 2009 hingga 22 Juni 2012)

Apakah Polip Hanya Bisa Hilang Lewat Operasi?

Selasa, 05/01/2010 11:25 WIB
Ilustrasi (Foto: racgp.org.au)
Siang dokter, saya ingin menanyakan mengenai polip di kandungan. Mengapa polip tersebut bisa muncul? Apakah pengobatannya harus dioperasi? Termasuk operasi besar atau kecil? Terimakasih.

Suri (Menikah, 39 Tahun), sawabun234@yahoo.com


Jawaban

Polip biasanya muncul karena pertumbuhan selaput lendir dalam rongga rahim yang berlebihan akibat pengaruh hormon estrogen. Sebagian besar pasien dengan polip mengalami perdarahan saat haid.

Polip sebaiknya dikeluarkan dengan tindakan kuret yang merupakan operasi kecil. Dokter Spesialis Patologi Anatomi lalu memeriksa jaringan polip untuk memastikan bahwa polip tersebut tidak ganas.

Polip juga bisa menyebabkan perdarahan yang berlebihan saat mens atau tidak teraturnya siklus menstruasi. Perlu diketahui, kuret merupakan operasi kecil dan pasien biasanya dapat pulang dua jam setelah operasi ini dilakukan.

DR. Med. Dr. Calvin Tjong, SpOG
Dokter Spesialis Obstetri Ginekologi. Praktik di RS PURI INDAH PONDOK INDAH, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.
 
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit