detikhealth

Perokok Rela Tak Merokok di Tempat Kerja

Nurul Ulfah - detikHealth
Senin, 23/11/2009 10:30 WIB
(Foto : Assetcache)
London, Meski merokok, tapi para perokok di seluruh dunia setuju dan mendukung adanya larangan merokok di tempat kerja. Perokok ternyata masih punya kesadaran akan buruknya merokok bagi kesehatan diri sendiri dan lingkungan. Sebuah survei membuktikannya.

Survei dilakukan terhadap 3.500 karyawan yang merokok dan 1.400 karyawan yang tidak merokok di 13 negara, termasuk Amerika. Peneliti menemukan bahwa 87 persen karyawan perokok setuju bahwa tempat kerja seharusnya bebas dari rokok.

"Meskipun ada perbedaaan di beberapa negara, tapi secara keseluruhan, para perokok sebenarnya mendukung tempat kerja mereka bebas dari asap rokok dan perlu adanya larangan merokok di tempat kerja," ujar seorang peneliti, Michael Halpern seperti dikutip dari Health, Senin (23/11/2009).

Studi ini menunjukkan bahwa program larangan merokok dan undang-undangnya juga didukung oleh para perokok itu sendiri.

Meski demikian, hampir 70 persen perokok yang rata-rata menghisap rokok selama satu jam dalam sehari, tidak berpikir bahwa kebiasaan merokok mereka akan berdampak negatif terhadap masalah keuangan.

"Mereka lebih menganggap rokok membawa dampak buruk bagi kesehatan, meski itu pun sering dihiraukan karena alasan masih muda atau tidak akan berdampak buruk terhadap kesehatan sekarang," tutur Halpern.

Beberapa studi sebelumnya padahal sudah mengindikasikan bahwa merokok berdampak buruk terhadap masalah finansial. "Perlu studi lebih lanjut untuk menganalisis kerugian materi akibat merokok agar para perokok merasa kapok tidak akan merokok," tambah Halpern.

Dukungan terhadap larangan merokok di tempat kerja paling tinggi di India (85 persen) dan Jepang (75 persen). Sedangkan dukungan terendah berada di Jerman (33 persen) dan Polandia (37 persen).

Studi ini dipublikasikan di International Journal of Public Health.

Rekomendasi Obat


(fah/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit