detikhealth

Peneliti Temukan Obat Manjur Leukemia

Nurul Ulfah - detikHealth
Rabu, 04/11/2009 10:30 WIB
(Foto Dailymail)
London, Hasil percobaan peneliti di laboratoium membuahkan hasil. Kerjasama peneliti Inggris dan Italia berhasil menemukan obat pembunuh sel kanker berbahaya penyebab penyakit Chronic Lymphocytic Leukaemia (CLL).

Obat yang disebut dengan PBOX-15 itu bahkan bisa membunuh sel kanker pada orang dewasa dengan tingkat kesehatan yang sudah sangat buruk. Peneliti dari Trinity College Dublin bekerjasama dengan peneliti dari University of Siena, Italia mengatakan bahwa penemuannya menunjukkan hasil yang signifikan pada tahap awal.

"Kita masih dalam tahap awal. kita akan terus mengembangkan obat ini untuk mengetahui ada efek samping atau tidak. Kita ingin memberikan harapan hidup pada pasien kanker leukemia," ujar Professor Mark Lawler, dari TCD's School of Medicine seperti dikutip dari Dailymail, Rabu (4/11/2009).

Di Inggris, tiap tahunnya terdapat 3.700 pasien CLL yang berhasil didiagnosa. Penyakit ini berkembang dengan cukup lambat, bisa berbulan-bulan hingga tahunan. Namun sangat sedikit obat yang efektif bisa menyembuhkan pasien. Bahkan kebanyakan pasien bertambah buruk kondisinya.

Dalam studi terbarunya ini yang dipublikasikan dalam Journal Cancer Research, diketahui bahwa obat PBOX-15 bekerja dengan cara mengganggu struktur sel-sel kanker dan membunuhnya. Bahkan obat ini dapat membunuh sel kanker yang sudah kebal terhadap kemoterapi.

Professor Lawler mencobakan obat hasil temuannya pada 55 pasien dan hasilnya memang lebih efektif dibanding obat fludarabine, yang biasa digunakan untuk menangani penyakit ini.

"Obat ini punya potensi yang sangat besar untuk membantu para penderita leukemia. Namun perlu menunggu waktu dua sampai tiga tahun lagi hingga obat ini benar-benar sempurna teruji secara klinis," ujar Lawler.

Rekomendasi Obat


(fah/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit