detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
Dr. Andre Pontoh, Sp.OT

Dr. Andre Pontoh, Sp.OT adalah Dokter Spesialis Bedah Ortopedi dan Traumatologi, Konsultan Bedah Lutut. Praktik di Jakarta Orthopaedic Knee & Shoulder, RS PONDOK INDAH PONDOK INDAH (Lantai 2), Jl Metro Duta Kav. UE Pondok Indah, Jakarta. Telepon 021-765 7525, Ext. 2243 atau 021-769 3184 (direct line).

Peradangan Pada Tulang Tumit

Senin, 12/10/2009 10:15 WIB
Ilustrasi (dok. flafoot)
Dok, saya usia 55 tahun kalau bangun tidur telapak kaki kiri saya sering ngilu atau sakit buat jalan atau buat salat. Selama kurang lebih 2 bulan ini, saya mengkonsumsi pil PIROXICAM & VOLTADEX untuk mengurangi rasa nyerinya. Bagaimana ya dok, cara mengatasinya agar penyakit saya ini lebih cepat sembuh. Terimakasih

Muriyanti, an.destra@yahoo.com

Jawaban

Keluhan yang ibu alami adalah keadaan yang sangat sering terjadi. Dalam bahasa kedokteran disebut Plantar Fasciitis, yaitu terjadi peradangan pada tulang tumit. Penyebab pastinya tidak diketahui, sering berhubungan dengan usia.

Penyakit ini memang sulit untuk disembuhkan karena gampang sekali kambuh. Untuk sementara ini saran saya adalah sedapat mungkin hindari jalan dengan kaki telanjang, karena tumit yang menyentuh permukaan lantai keras dapat menyebabkan iritasi dan memicu timbulnya kekambuhan. Jika menggunakan sepatu atau sendal pastikan bahwa bagian tumitnya, alasnya cukup empuk.

Kalau hal di atas tidak juga membantu, kadang-kadang perlu pemberian suntikan kortison pada tumit. Dan jika ini juga tidak membantu, terpaksa harus dilakukan tindakan operasi untuk mengatasi masalah tersebut.

Dr. Andre Pontoh, Sp.OT
Dokter Spesialis Bedah Ortopedi dan Traumatologi, Konsultan Bedah Lutut. Praktik di Jakarta Orthopaedic Knee & Shoulder, RS PONDOK INDAH-PONDOK INDAH (Lantai 2), Jl. Metro Duta Kav. UE Pondok Indah, Jakarta. Telepon 021-765 7525, Ext. 2243 atau 021-769 3184 (direct line).
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit