detikhealth

Operasi untuk Mengatasi Ileran

Vera Farah Bararah - detikHealth
Senin, 28/09/2009 09:05 WIB
(dok. Fnidcr.org)
Jakarta, Memiliki air liur yang berlebihan bisa membuat seseorang menjadi malu jika berada di tempat umum. Ternyata air liur yang berlebihan juga bisa berbahaya dan kadang mengharuskan orang untuk melakukan operasi.

Peneliti di Amerika Serikat menyarankan bagi orang yang memiliki air liur berlebihan agar jangan anggap remeh. Sebaiknya dipikirkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter dan mempertimbangkan untuk melakukan operasi sebagai pengobatannya.

"Mengiler merupakan suatu hal yang sulit untuk diobati. Karena beberapa orang yang mengalaminya disebabkan oleh adanya masalah fisik dan sebagian karena rusaknya jaringan kabel di otak," ujar seorang penulis Walter Reed Army Medical Centre di Washington, DC, seperti dikutip dari Health24, Senin (28/9/2009).

Berdasarkan hasil penelitian yang sudah diterbitkan sebelumnya. Diantara pasien yang sudah menjalani operasi untuk mengatasi masalah dengan air liurnya, sebagian besar dari pasien tersebut merasa bahwa dirinya mendapatkan hasil yang positif setelah melakukan operasi.

Sejumlah operasi yang dilakukan menunjukkan hasil yang baik. Operasi yang dilakukan seperti mengeluarkan kelenjar yang memproduksi air liur atau operasi untuk mengeluarkan saluran yang membawa air liur. Hasilnya para peneliti menemukan untuk setiap prosedur yang dilakukan menunjukkan sebuah perbaikan.

"Namun, sampai saat ini belum ada satu prosedur yang dianggap sebagai jalan keluar yang paling efektif," ujar Dr Scott E Brietzke dan rekan dalam jurnal Archives of Otolaryngology, Head and Neck Surgery.

Dr. Brietzke menambahkan bedah terapi untuk masalah air liur yang berlebih bisa menjadi sangat sukses. Tapi tetap harus mempertimbangkan beberapa hal untuk pasien yang memiliki masalah air liur dalam jangka panjang.

Konseling yang dilakukan sebelum melakukan operasi harus mencakup seberapa besar tingkat keberhasilan dari operasi yang dilakukan serta aoakah memiliki efek jangka panjang nantinya.

Jangan menganggap remeh masalah air liur yang berlebih, karena mungkin saja untuk mengatasinya Anda harus melakukan operasi.

Rekomendasi Obat


(ver/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit