detikhealth
Konsultasi Kedokteran Olahraga
Dr Aditya Suryansyah Sp. A

Dr Aditya Suryansyah Sp A adalah dokter spesialis anak yang berpraktik di RSAB Harapan Kita Jakarta dan RSIA Buah Hati Ciputat. (Periode konsultasi: 7 Juli 2009 hingga Maret 2013)

Menghitung Berat Badan Ideal Anak

Irna Gustia - detikHealth
Jumat, 25/09/2009 10:20 WIB
Ilustrasi (invictagroup.co.uk)
Jakarta, Dokter, saya mempunyai anak laki-laki usia 3 tahun 6 bulan dengan berat badan 11,5 kg dan tinggi badan 91 cm. Yang ingin saya tanyakan berapa BB dan TB ideal? Bagaimana mengatasi anak susah makan dan susah menelan nasi? Apa gejala anak terkena flek?

Teddy, ted07_dav@yahoo.co.id


Jawaban

Terimakasih Bapak Teddy, anak usia 3 tahun 6 bulan dengan berat 11,5 kg dengan tinggi badan 91 cm termasuk kecil dan mengarah ke kurang gizi. Berat ideal seharusnya 15 kg dengan tinggi ideal 98 cm. Perawakan seorang anak tergantung banyak faktor. Dapat karena kurangnya asupan makan, penyakit menahun seperti TBC, cacingan atau yang lainnya, dapat juga karena kurangnya hormon pertumbuhan.

Perlu dipikirkan juga perawakan keluarga, yaitu adanya faktor ayah dan ibu. Sayang bapak tidak menyertakan tinggi badan ibu, karena kita dapat meramalkan tinggi badan akhir dari anak. Tinggi badan anak laki-laki berkisar tinggi badan ayah ditambah tinggi badan ibu ditambah 13 dibagi dua. Hasilnya dijumlah kurang lebih 8,5 cm. Jadi kalau tinggi badan ayah 166 cm dan ibu misalnya 161 cm, anak bapak berkisar 161,5 cm - 178,5 cm.

Mengatasi masalah makan memang agak rumit. Seorang anak yang sulit makan dapat dilakukan pemberian makan dengan porsi kecil tetapi frekuensinya sering. Makanan tidak harus dalam bentuk nasi, dapat digantikan dengan pengganti nasi seperti roti, kentang atau mie, terpenting kalori yang diberikan cukup.

Pertanyaan bapak apakah anak bapak terkena flek? Saya tidak dapat menjawab pasti apa yang dimaksud dengan penyakit flek. Karena dalam dunia kedokteran tidak ada penyakit flek paru. Tetapi kalau dimaksud adalah TBC mungkin saja terjadi, karena salah satu tanda TBC adalah berat tidak bertambah disertai sering demam dan nafsu makan kurang. Sebaiknya bapak bawa ke dokter anak untuk mencari penyebab.

Dr Aditya Suryansyah SpA

RSAB Harapan kita , Jln Let Jen.S Parman Kav 87, Slipi, Jakarta Barat, Telp 5668284
RSIA Buah Hati, Jln Aria Putra 399, Sarua Indah, Ciputat, Telp 7463856(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit